TUGAS 5
Manajemen
Pemasaran
Semua
perusahaan, baik perusahaan jasa maupun dagang mempunyai tujuan yang sama yaitu
memperoleh keuntungan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah
dengan mengenalkan produk-produk dengan cara pemasaran. Dalam memasarkan
produk, perlu adanya ilmu yaitu manajemen pemasaran. Menurut
Philip William J. Shultz (2005), manajemen pemasaran adalah
merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran
perusahaan ataupun bagian dari perusahaan. Jadi manajemen pemasaran merupakan
suatu kunci utama untuk mencapai tujuan akhir perusahaan yaitu memperoleh
keuntungan sebanyak-banyaknya.
Pemasaran
merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang. Pemasaran berasal
dari kata bahasa Inggris dikenal dengan nama marketing. Asal kata pemasaran adalah market (pasar). Menurut Maynard and Beckman(1920) dalam bukunya
Principles of Marketing, marketing berarti segala usaha yang meliputi
penyaluran barang dan jasa dan sektor produksi ke sektor konsumsi. Dalam buku
Principles of Marketing, Maynard and Beckman memaparkan bahwa memasarkan barang
tidak berarti hanya menawarkan barang atau menjual saja. Didalamnya tercakup
berbagai kegiatan seperti membeli, menjual, dengan segala macam cara,
mengangkut barang, menyimpan, mendistribusikan dan sebagainya.
Daftar Pustaka :
Buchari Alma. 2005. Manajemen Pemasaran dan
Pemasaran Jasa. Cetakan 5. Bandung : CV Alfabeta
Komentar
Posting Komentar