TUGAS 7


Bisnis Internasional
            Bisnis internasional adalah aktivitas berupa transaksi bisnis antar dua negara atau lebih, yang melibatkan beberapa perusahaan-perusahaan internasional. Sedangkan menurut Ball, Mc Culloch, Frantz, Geringer, Minor (2006), bisnis internasional adalah bisnis yang kegiatannya melampaui batas negara. Bisnis tersebut bukan hanya berupa perdagangan internasional saja, tetapi juga mencakup jasa di berbagai bidang seperti pariwisata, transportasi, perbankan. Setiap negara melakukan bisnis internasional karena dapat memperoleh banyak keuntungan dalam pemenuhan kebutuhan. Walaupun memperoleh banyak keuntungan, bukan berarti tidak ada hambatan yang dihasilkan dalam transaksi bisnis internasional tersebut.
            Alasan melakukan bisnis internasional untuk pemenuhan kebutuhan dilakukan karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh suatu negara. Oleh karena itu, suatu negara akan membutuhkan sumber daya negara lain guna memenuhi kebutuhannya. Pemenuhan kebutuhan tersebut merupakan suatu keuntungan dalam menjalankan bisnis internasional. Dengan menjalankan bisnis internasional maka perluasan pemasaran produk juga bisa dilakukan. Memperluas jaringan pemasaran ke pasar internasional tentu akan memudahkan setiap pelaku bisnis untuk memperbesar usaha tersebut.
            Dalam menjalankan bisnis internasional terdapat juga hambatan dibandingkan dengan menjalankan bisnis dalam negeri. Hal tersebut terjadi karena  negara lain seringkali memiliki berbagai kepentingan yang menjadi penghambat bisnis tersebut. Selain itu, budaya negara lain tentu saja berbeda dengan budaya negeri sendiri. Beberapa hambatan dalam bisnis internasional diantara lain adalah batasan perdagangan dan tarif bea masuk, perbedaan bahasa, kondisi politik suatu negara dan perundang-undangan dan hambatan operasional. Namun, seiring perkembangan zaman satu persatu hambatan dalam melakukan bisnis internasional tersebut dapat teratasi sehingga bisnis tersebut masih bisa terus dijalankan.

Sumber :  
Nilasari, Irma dan Wiludjeng, Sri. 2006. Pengantar Bisnis, edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penilaian Prestasi Kerja

Tips and Trick TOEFL Reading

Tips and Trick Structure and Written Expression